Cara Agar Artikel Blog Terbaru MudahTerindex dan Populer di Google - Mas Yans

Thursday, March 3, 2016

Cara Agar Artikel Blog Terbaru MudahTerindex dan Populer di Google

Setiap orang yang berprofesi sebagai seorang blogger tentunya selalu mengupdate artikel blognya secara rutin baik itu setiap hari beberapa artikel, satu hari satu artike atau bahkan satu minggu satu artikel. Tentunya untuk permasalahan update artikel tergantung kepada pemilik website tersebut namun yang pasti sebuah website akan terlihat baik dan profesional jika mengupdate atau mempublish artikelnya secara rutin.

Setiap artikel yang dipublikasikan oleh seorang blogger tentu diharapkan agar artikel tersebut dapat mudah terindeks dengan cepat oleh mesin pencari terutama oleh google pada waktu sesaat setelah artikel tersebut dipublikasikan. Dengan begitu maka akan dengan mudah artikel kita berada dihalaman mesin pencari dengan cepat saat kata kunci artikel kita ditelusuri oleh mesin pencari.

Cara mudah blog terindeks dan populer di google

Tips membuat artikel blog terbaru mudah di indeks mesin pencari dan menjadi populer


Dengan terideksnya artikel yang kita posting di blog oleh search engine, maka besar kemungkinan untuk kita mendapatkan pengunjung organik yang berdatangan dari berbagai lalu lintas baik itu dari hasil pencarian melalui google, bing, yahoo, atau yandex, atau juga melalui informasi yang berada di media sosial ataupun dari informasi dari mulut ke mulut. Namun yang harus anda ketahui bahwa pengunjung akan lebih banyak menemukan sebuah blog melalui mesin pencari. Oleh karena itu sangat penting bagi anda untuk menjadikan blog anda mudah terindeks mesin pencari dan populer di mesin pencari tersebut.

Berbagai macam cara dapat anda lakukan untuk menjadikan artikel blog terbaru anda mudah terindeks oleh google, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Melakukan Optimasi SEO Pada Artikel
  2. Membuat artikel yang berkualitas
  3. Submit sitemap blog dan URL artikel terbaru
  4. Melakukan Ping
  5. Memanfaatkan artikel terpopuler
  6. Promosikan di media sosial
Diatas adalah poin-poin yang harus dilakukan agar blog dan artikel terbaru anda mudah diindex google dan populet di search engine google. Untuk penjelasan dari poin-poin diatas silahkan simak ulasannya dibawah.

Melakukan Optimasi SEO Pada Artikel

Dalam optimasi seo pada artikel blog ini ada beberapa langkah yang harus ditempuh diantaranya :
  1. Title Tag
    Yang harus pertama anda perhatikan adalah pada Title Tag atau Judul artikel. Gunakan judul yang sesuai dengan keyword atau kata kunci artikel anda. Kata kunci yang diletakan pada awal judul lebih baik daripada yang ditempatkan ditengah atau di ahir judul. Jadi usahakan kata kunci yang kita bidik diletakan pada awal judul.
  2. Meta Description
    Meta description ini dapat anda gunakan untuk menuliskan deskripsi dari artikel yang anda buat. Panjang deskripsi ini sebaiknya 156 karakter. Anda juga dapat memasukan kata kunci untuk artikel anda. Untuk menggunakan fitur ini anda dapat menemukannya menu Setelan entri lalu pilih Deskripsi Penelusuran.
  3. Alamat URL
    Untuk membuat artikel yang seo tentunya anda juga harus membuar alamat URL artikel anda menjadi seo. URL yang seo itu adalah URL yang jelas.
    Contohnya adalah http://mas-yans.blogspot.com/2016/02/judul-artikel.html
    Untuk mengatur URL anda dapat mengaturnya pada menu Tautan Permanen.
  4. Menambahkan Gambar
    Yang selanjutnya adalah menyisipkan gambar pada artikel anda. Gambar dapat membuat artikel kita semakin hidup, semakin berinteraktif dan tentunya tidak akan membuat pengunjung bosan melihat tulisan yang sangat panjang.
    Setiap artikel minimal ada satu gambar. Dan jangan lupa untuk mengoptimasi gambar anda agar menjadi lebih seo. Caranya adalah dengan menambahkan atribut alt dan title. Anda dapat menambahkannya dengan cara mengklik gambar pada post anda lalu pilih propertis.
    Namun perlu diingat bahwa gambar yang anda cantumkan harus sesuai dengan konten blog anda dan jangan sampai anda memasukan gambar yang tidak baik untuk anda ataupun pengunjung.
  5. Penempatan kata kunci
    Kata kunci yang baik adalah kata kunci yang diletakan pada 100 kata pertama dan juga pada kata kunci yang diletakan pada tag judul H1.
  6. Panjang Artikel
    Salah satu keuntungan dari membuat artikel yang panjang andalah kita dapat memasukan banyak kata kunci yang berbeda untuk artikel kita. Dengan banyak kata kunci yang tertarget maka akan semakin besar peluang kita untuk mendapatkan posisi teratas dari pencarian Google. Dalam beberapa sumber mengatakan bahwa artikel sebaiknya terdiri dari 1500 suku kata atau lebih.

Membuat Artikel yang Berkualitas

Artikel merupakan sebuah  bagian paling penting dalam sebuah web atau blog. Populer atau tidaknya sebuah blog tergantung pada isi artikelnya. Jika artikel yang anda publikasikan bermanfaat, maka blog anda pun akan semakin populer dan mendapatkan banyak pengunjung. Sebaliknya, jika artikel blog anda tidak menarik, maka pengunjung pun akan segera meninggalkan blog anda. Blog yang memiliki konten yang menarik dan bermanfaat juga akan mendapatkan nilai bagus untuk menjadi populer di google dan mesin pencari lainnya.

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang memiliki kesesuaian dengan judul yang kita buat. Yang mana pada isi artikel ini semua harus memiliki relevansi yang sesuai dengan kata kunci yang kita bidik dengan tujuan menjelaskan apa yang anda tulis pada Judul artikel. Selain itu untuk membuat artikel yang berkualitas.
Seperti yamh telah dijelaskan diatas, artikel setidaknya memiliki panjang 1500 atau lebih suku kata. Dengan begitu kita bisa memberikan penjelasan yang lebih mendetail untuk membuat pengunjung kita semakin paham dengan apa yang mereka cari.

Namun untuk bloger pemula apa lagi yang tidak terbiasa menulis tentunya untuk membuat artikel yang berisi 1500 suku kata ini terasa sangat sulit. Dan biasanya untuk mencapai target 1500 suku kata, banyak yang mengcopy paste dari situs web lain. Tentunya hal seperti ini sangat tidak dianjurkan apalagi jika anda mengcopy dari blog orang lain kemudian mempaste diblog anda tanpa ada yang di rubah dan tidak mencantumkan sumbernya. Copy paste dari blog orang lain sangat tidak dianjurkan dan juga tidak disukai oleh mesin pencari.

Cara terbaik agar anda tidak kesulitan dalam membuat artikel yang panjang adalah dengan cara Anda menulis artikel yang telah anda pahami dan kuasai. Sehingga anda akan dengan mudah menjelaskannya kepada pembaca tanpa kehabisan kosa kata dan bahan penjelasannya.

Jika pun anda memerlukan bahan dari blog lain, maka anda harus menyimpulkan pembahasannya dengan bahasa anda sendiri. Atau anda bisa mengcopy nya lalu mengedit beberapa bagian agar tidak sama persis dengan konten blog orang lain.

Jika anda baru ingin menjadi seorang bogger, silahkan baca : Tips Untuk Memulai Menjadi Seorang Blogger

Submit Sitemap Blog Dan URL Artikel Terbaru

Submite Sitemap Blog ke Google merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan pada sebuah website. Tujuan mensubmit sitemap ini adalah supaya semua alamat situs web anda dikenali oleh google dan memberikan kemungkinan besar untuk google memunculkan halaman web anda ketika salah satu konten blog anda dicari oleh pengunjung. Untuk memperkenalkan sebuah blog ke google caranya adalah dengan menggunakan tool dari Google yang bernama Google Webmaster Tools.
Untuk cara menggunakan Google Webmaster Tools silahkan baca Cara Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Selain mensubmit Sitemap blog kita ke Google Webmaster, kita juga harus melakukan Submit URL artikel Terbaru ke Google untuk menginformasikan bahwa kita telah membuat artikel baru pada blog kita. Melakukan submit url terbaru ini sangat penting dilakukan, dan hendaknya dilakukan sesaat setelah artikel baru anda di publikasikan.

Cara Submit URL Artikel Terbaru

  1. Copy alamat URL artikel anda. Contohnya http://mas-yans.blogspot.com/2015/12/cara-submit-sitemap-ke-google-webmaster-tools-agar-artikel-mudah-terindex-google.html
  2. Buka Link berikut https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?hl=in
  3. Pastekan URL artikel terbaru anda pada kolom yang tersedia.
  4. Jangan lupa untuk memverifikasi captcha. Kemudian Klik Kirim permintaan.

    Submit URL ke Google
Dengan mensubmit URL Artiket terbaru anda maka artikel tersebut akan cepat terindeks oleh google. Untuk mengetahui artikel kita sudah terindeks atau belum oleh google, silahkan anda tulis Site:http://url-blog-terbaru-anda.html pada kotak pencarian Google.

Seperti contohnya pada Blog Yansyah Komunika yang artikel terbarunya sudah terindeks oleh google hanya dalam waktu 2 menit.
Cara cepat terindeks Google


Melakukan Teknik Ping

Teknik Ping ini bertujuan untuk menginformasikan bahwa terjadi update pada halaman web anda. Teknik Ping dilakukan ketika anda mengedit salah satu artikel lama anda. Yang mana pada artikel tersebut ada beberapa perubahan sehingga Ping harus dilakukan agar google dan mesin pencari lain merayapi kembali artikel lama anda.

Untuk melakukan Ping ini anda dapat memanfaatkan layanan ping gratis seperti GooglePing, atau PingOMatix.

Namun teknik ping ini tidak boleh sering dilakukan karena berpotensi memberikan sinyal kepada google web spam. Alangkah baiknya anda melakukannya sebulan sekali.

Memanfaatkan Artikel Terpopuler

Artikel terpopuler adalah artikel yang paling sering dikunjungi. Sering dikunjungi berarti banyak pengunjung yang membaca dan melihat artikel kita. Pada artikel yang paling sering dikunjungi ini memiliki banyakkeuntungan kepada kita, salah satunya adalah kita bisa mempromosikan artikel terbaru kita di halaman artikel lama yang telah populer tersebut. Caranya adalah dengan membuat dan menaruh URL artikel yang ingin kita promosikan pada artikel lama kita.

Untuk mengetahui artikel mana yang paling populer, anda dapat melihatnya melalui fasilitas info satis pada Dashboard Blog anda. Atau anda juga dapat melihatnya melalui widger Artikel Terpopuler.

Mempromosikan di Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa peranan Media Sosial memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan masa kini. Dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua pasti mengenal Sosial Media bahkan hampir seluruh penduduk dunia menggunakan Sosial Media. Bahkan Sosial Media menjadi situs yang paling banyak dikunjungi. Hingga saat ini Situs jejaring sosial yang paling banyak digunakan adalah Facebook dan Twitter.

Dengan kepopuleran Situs Jejaring sosial ini, kita sebagai seorang blogger bisa mengambil manfaatnya untuk mempromosikan blog kita beserta artikel-artikel yang kita publikasikan. Anda dapat memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Pinterest dan masih banyak lagi. Saratnya anda harus memiliki akun sosial media tersebut dan anda harus memiliki banyak teman atau pengikut agar blog yang kita promosikan banyak yang melihat.

Demikian ulasan saya tentang Cara Agar Artikel Blog Terbaru Mudah Terindex dan Populer di Google. Uraian diatas hanyalah berupa panduan dasar untuk membuat blog anda mudah terindeks dan menjadi populer, karena masih banyak hal penting yang harus dilakukan untuk sebuah blog yang dapat anda lakukan untuk mempopulerkan blog anda. Semoga artikel saya bermanfaat, dan selamat mencoba :)

Bagikan artikel ini

17 comments

  1. Belum pernah coba ping, penasaran sih pingin coba gan haha...ane coba dulu deh

    ReplyDelete
  2. ijin coba gan sapa tau blog gw bisa terindex di pageone

    ReplyDelete
  3. Kalau saya setelah posting, langsung submit di http://google.com/addurl gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu sama dengan yang saya bahas di atas. memang artikel baru harus langsung submit ke Google Add URL

      Delete
  4. mantap gan, makin nambah wawasanku nih.. keren, udah coba tadi satu2 tadi, thank you infonya

    ReplyDelete
  5. Bermanfaat banget bagi ane yg masih nubi, dan blog yg masih bayi.

    Inbok2 gan bagi ilmu

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat banget bagi ane yg masih nubi, dan blog yg masih bayi.

    Inbok2 gan bagi ilmu

    ReplyDelete
  7. Kalau blogwalking bisa kan juragan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan. Blogwalking salah satu dari cara memanfaatkan sosmed

      Delete
  8. Asiiiikkkk.... ilmu baru nih. Nuhun Yan :)

    ReplyDelete
  9. ane belum pake yang ini nih.. pengen pake.

    ReplyDelete
  10. ana kira submit url khusus buat halaman utama saja, jadi halaman konten pun bisa juga ya. Trima kasih gan.

    ReplyDelete