Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools agar Artikel Blog Mudah Terindex Google - Mas Yans

Thursday, December 31, 2015

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools agar Artikel Blog Mudah Terindex Google

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools agar Artikel Blog Mudah Terindex Google - Salah satu cara agar artikel yang kita tulis diblog dapat terindeks oleh mesin pencari seperti google adalah dengan cara mensubmit sitemap ke google webmastertools. Ketika sitemap atau peta situs blog anda telah di dafarkan ke webmaster google kemudian blog anda terindeks oleh google, maka ketia seseorang mencari artikel yang sesuai dengan blog anda di google, maka secara otomatis google akan menampilkan blog anda dihalaman pencarian google.

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools agar Artikel Blog Mudah Terindex Google

Sebelum saya menjelaskan cara submit sitemap ke google webmaster tools, saya akan memberi tahu dulu sedikit gambaran apa itu sitemap. Sitemap atau peta situs adalah sebuah file berformat XML yang menjelaskan mengenai struktur URL dari sebuah blog. Pada dasarnya sitemap dibuat dengan standar aturan penulisan xml. Namun bagi sebuah situs atau blog dengan platform blogspot tidak diharuskan membuat file xml, karena blogspot telah menggenerate dan mengupdate setiap URL artikel yang telah kita publikasikan secara otomatis.

Untuk blog berplatform blogspot anda dapat melihat sitemap blog anda dengan membuka halaman web dengan alamat http://alamat-blog-anda.blogspot.com/sitemap.xml.

Mensubmit sitemap ke webmaster adalah salah satu hal pertama yang wajib dilakukan setelah anda membuat blog. Artinya ketika anda telah membuat sebuah blog, langkah selanjutnya adalah anda menulis sebuah artikel lalu mempublikasikannya. Setelah artikel pertama dipublikasikan, yang selanjutnya harus anda lakukan adalah mensubmit sitemap ke webmaster tools secara manual. Untuk mensubmit sitemap ini cukup anda lakukan ketikaartikel pertama dipublikasikan, karena untuk artikel-artikel selanjutnya akan secara otomatis diupdate oleh blogspot.

Tujuan dari submit sitemap ini adalah untuk memberi tahukan kepada mesin pencari setiap url atau link artikel yang kita publikasikan. Ketika url blog anda sudah terindeks oleh mesin pencari, maka besar kemungkinan untuk blog anda muncul di halaman pertama google ketika kata kunci blog atau artikel anda dimasukan pada kotak pencarian.

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools

Setelah anda mengetahui fungsi dan tujuan mensubmit sitemap ke google webmaster, mari kita menuju ke inti dari artikel ini yaitu cara submit sitemap ke google webmaster. Namun sebelum mensubmit peta situsnya anda harus mendaftarkan blog anda ke webmaster, jika belum silahkan baca Cara daftar dan verifikasi blog ke google webmaster tools. Jika anda sudah mendaftar dan memverifikasi blog anda di webmaster, silahkan simak cara submit sitemapnya.
  1. Yang pertama silahkan anda kunjungi halaman webmasternya di www.google.com/webmasters
  2. Silahkan anda login menggunakan akun google anda. Setelah berhasil maka anda akan melihat tampilan yang sama seperti gambar dibawah. Silahkan anda klik pada url blognya atau pada gambar halaman situsnya.
    Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools
  3. Setelah anda masuk ke dasboard webmaster untuk situs anda, silahkan pilih Sitemap. Caranya klik pada Crawl lalu pilih Sitemaps. Atau seperti gambar dibawah
    Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools
  4. Setelah masuk ke menu Sitemaps, perhatikan pada bagian pojok kanan atas halaman ada tombol bertuliskan Add/Test Sitemap. Klik tombol tersebut lalu tulis sitemap.xml pada kolom yang berada di belakang alamat blog anda seperti gambar dibawah
    Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools
  5. Selanjutnya anda klik pada tombol Submit setemap yang berwarna biru. Kemudian refres halam webmaster anda.
  6. Proses mensubmit sitemap ke webmaster tools sudah selesai. tunggu beberapa saat sampai blog anda terindeks oleh google.

Jika anda ingin mengetahui artikel blog anda sudah terindeks google atau belum, silahkan ada cek dengan cara menuliskan kata kunci pencarian dengan keyword site:http://alamat-blog-anda.blogspot.com pada kotak penelusuran google.

Selain sitemap.xml, anda juga dapat mensubmit peta situs lainnya ke webmaster tools. Untuk caranya sama seperti mensubmit sitemap.xml. Beberapa peta situs lainnya adalah :
  1. atom.xml
  2. atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  3. atom.xml?redirect=false
  4. feeds/comments/default/
  5. feeds/posts/default/
  6. feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
  7. feeds/posts/default?orderby=updated
Setelah anda berhasil memasukan peta situs blog anda ke google webmaster tools, maka setiap artikel yang anda tulis akan terindeks oleh google. Maka ketika kata kunci artikel blog anda di search di goole, artikel blog anda akan muncul di halaman google. Seperti contoh ketika saya mencari dengan keyword "Apktool terbaru", maka akan muncul di halaman pertama Blog Yansyah Komunika dengan judul  "Download Apktool V5.2.0 Terbaru - Yansyah Komunika" seperti pada gambar dibawah.

Download apktool terbaru


Saya rasa untuk artikel Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools agar Artikel Blog Mudah Terindex Google ini sudah cukup. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang baru belajar di dunia blogger.

Bagikan artikel ini

4 comments