Apa itu Bitcoin? Mari Mengenal Bitcoin dan belajar Bisnis Online dengan Mudah - Mas Yans

Monday, December 28, 2015

Apa itu Bitcoin? Mari Mengenal Bitcoin dan belajar Bisnis Online dengan Mudah

Bitcoin merupakan sebuah mata uang virtual (uang elektronik) yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh Satoshi Nakamoto (katanya sih nama samaran). Mata uang bitcoin ini sama halnya dengan mata uang lainnya seperti Rupiah, Dollar, Euro, atau lainnya. Namun yang membedakan bitcoin dengan mata uang lainnya adalah bahwa bitcoin hanya tersedia didunia digital atau dunia online (Dunia Maya).

Mengenal Bitcoin

Jika ditanya bagaimana bentuk dari bitcoin, tentunya bitcoin ini tidak memiliki sebuah bentuk seperti mata uang lain pada umumnya, dan bitcoin ini juga bukanlah sebuah mata uang resmi suatu negara yang dikeluarkan oleh suatu bank.

Seperti dijelaskan oleh Blog Maxmanroe, bitcoin ini memiliki bentuk seperti file-file pada umumnya yang mana file ini adalah hasil enskripsi dari kode-kode unik yang menjadikannya berbeda antara satu sama lainnya. Bitcoin ini dapat disimpan pada memory penyimpanan komputer atau pada sebuah software yang bernama Bitcoin digital wallet. Selain pada penyimpanan memory atau software, bitcoin ini juga dapat disimpan di penyedia layanan penyimpanan bitcoin online di internet.

Harga 1 BTC dalam kurs Dolar dan Rupiah

Harga 1 Bitcoin saat ini (Desember 2015) jika dikonversikan kedalam kurs mata uang US Dolar memiliki nilai $423.21 dan jika dikonversi ke mata uang IDR, maka nilainya setara dengan Rp. 5.894.332,67

Mengenai nilai bitcoin, nilai ini akan terus berubah sesuai keberadaan jumlah bitcoin yang ada saat ini. Nilai bitcoin ini selalu mengalami kenaikan harga dari waktu ke waktu yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi pemilik bitcoin saat ini. Seperti pada contohnya nilai bitcoin pada tahun 2013 harga 1 bitcoin hanya 13 USD, sedangkan pada tahun 2015 sekarang 1 bitcoin telah mencapai 423 USD. Bayangkan berapa kali lipat keuntungan bagi pemilik bitcoin yang telah memulai dari tahun-tahun sebelumnya.

bitcoin

Lalu Bagaimana Cara mendapatkan Bitcoin?

Untuk mendapatkan bitcoin ini tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu gampang. Intinya untuk mendapatkan bitcoin ini perlu mengeluarkan sedikit kerja keras, ketekunan, dan juga kesabaran. Bitcoin ini bisa didapatkan dengan cara menambang bitcoin secara gratis ataupun dengan cara membeli bitcoin di layanan penyedia bitcoin seperti di Bitcoin.co.id. Namun sebelum anda memulai menambang bitcoin, anda harus memiliki akun untuk bitcoin.co.id untuk dapat menjual atau membeli bitcoinnya.

Untuk mendaftar di akun Bitcoin Indonesia cukuplah mudah cukup buka websitenya di https://vip.bitcoin.co.id kemudian klik pada register, lalu isi data-data yang tertera pada halaman register. Untuk membuat akun bitcoin anda harus memiliki sebuah email, jika anda belum memiliki sebiuah email silahkan membuatnya dulu di Cara daftar email gratis di Gmail

Untuk Cara daftar Bitcoin Indonesia yang lebih jelasnya insyaallah akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

Setelah memiliki akun bitcoin, anda juga harus memiliki akun wallet.


Apa itu wallet?


Wallet adalah dompet untuk menyimpan saldo bitcoin. Wallet ini tersedia untuk perangkat PC dalam bentuk software, dan dalam bentuk web yang bisa diakses kapanpun saat kita terhubung ke Internet. Wallet yang berbasis web salah salah satunya adalah pada situs blockchain.info.

Untuk mendapatkan bitcoin anda harus memiliki ID, yang mana ID ini tersusun dari kode-kode unik yang didapatkan dari akun wallet anda. Jadi sebelum anda memulai mencari bitcoin gratis anda harus memiliki akun wallet dulu di https://blockchain.info

Untuk mendaftarnya silahkan anda buka websitenya di https://blockchain.info/id/wallet kemudian pilih Buatkan dompet baru

 Bisnis Online Mudah dengan menambang Bitcoin gratis


Free Bitcoin

Setelah anda memiliki akun Bitcoin Indonesia dan walletnya, kini saatnya anda mencari bitcoin gratis sebanyak-banyaknya. Salah satu situs yang menyediakan bitcoin gratis dan juga merupakan salah satu situs paforit saya adalah situs Freebitcoin. Di Freebitcoin ini anda akan diberikan bitcoin secara gratis setiap satu jam sekali. Selain mendapatkan Free BTC setiap satu jamnya, anda juga dapat memainkan Multiply BTC dan Lottery.

Untuk mendapatkan bitcoin dari FreeBitco.in cukuplah mudah, caranya adalah sebagai berikut :
  1. Pertama anda buka situsnya di https://freebitco.in
  2. Selanjutnya pilih Sign up lalu isi kolom email dengan email anda yang masih aktif.
  3. Buatlah pasword yang anda inginkan. 
  4. Pada kolom BTC Adress, isi dengan kode unik wallet anda (ex. 1jjV6uED6TBYnYQiiHRH3M4SGyPZfXXXX)
  5. Setelah semuanya terisi, klik Sign Up
Setelah proses pendaftaran selesai, sekarang saatnya anda menambang bitcoin gratisnya
  1. Masuk ke halaman freebitco.in
  2. Cari tombol CLAIM YOUR FREE BTC NOW (biasanya di tengah halaman) Kemudian Klik
  3. Klik kode captchanya, kemudian isi sesuai captcha yang diminta.
  4. Klik tombol ROL
  5. Selamat, bitcoin gratis sudah anda dapatkan. Tunggu atau buka lagi halamannya selama satu jam untuk menambak bitcoin gratisnya lagi.
Bagaimana cukup mudahkan untuk menambang bitcoin gratis ini. Masih banyak situs-situs penyedia bitcoin gratis lainnya yang mungkin akan saya share pada kesempatan lainnya. Untuk bonus, di ahir artikel ini akan saya beri 5 situs penyedia bitcoin gratis yang bisa anda gunakan untuk menambah saldo anda.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan anda share artikel ini kepada teman-teman anda di media sosial lainnya dengan menekan tombol share.

Bonus 5 Situs penyedia bitcoin gratis

Bagikan artikel ini

11 comments

  1. wow mahal sekali sampai 5 juta lebih. tapi ane masih bingung gimana nyairinya ke dalam rupiah kalo ane udah punya bitocin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mencairkannya menjadi rupiah adalah dengan cara agan menjual bitcoin agan di website bitcoin indonesia.

      Delete
  2. Ada Yang Mau Donasi Bitcoin Ke Saya :v
    kwkwkwkwkw,, Nice

    ReplyDelete
  3. Keren , nambangnya itu gimana sih? masa tinggal claim aja ? #Newbienyimak

    ReplyDelete
  4. maksudnya ngumpulin dolarnya gan. kita cuma tinggal mengclaim bitcoin kita kemudian menunggu sesuai waktu yang ditentukan website penyedia bitcoin gratis

    ReplyDelete
  5. wah ane nyubi banget kalau masalah bitcoin gan, mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar bitcoin di bitcoin.co.id https://goo.gl/bwZ0VW , buat bikin walletnya :V

      Delete
    2. Insyaallah akan saya bimbing di blog ini gan :)

      Delete
  6. mohon gan penjelasannya, dlm bitcoin ada namanya deposit dan witdraw.. bedanyanya apa gun... thx sblumya... moga sukses gun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. deposito/deposit itu bisa digunakan untuk mengirim dan membeli bicoin ke wallet kita. kalau withdraw itu buat mencairkan atau menarik uang hasil nambang bitcoin

      Delete