Mengenal Bagian-bagian Dahsboard Blog Blogspot - Mas Yans

Thursday, October 1, 2015

Mengenal Bagian-bagian Dahsboard Blog Blogspot

Mengenal Bagian-bagian Dashboard Blog Blogspot - Dashboard blog merupakan tampilan awal halaman blogger yang biasa terbuka saat kamu masuk dan log-in ke URL blogger.com atau blogspot.com. Dashboard blog ini ada dua, yaitu dasboard blog umum yang merupakan tampilan awal yang menyediakan informasi dari semua blog yang kamu miliki dan dashboard blog khusus yang berisi informasi dari salah satu blog kamu.

1. Dashboard Blog Umum

Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa pada dashboard blog umum ini menyediakan informasi dari blog yang kita miliki. TUntuk mengetahui tampilannya dan fungsinya silahkan simak dobawah ini
  1. Informasi pemilik blog
  2. Tombol untuk membuat blog baru
  3. Blog-blog yang kamu miliki
  4. Informasi seputar akun email google kamu
  5. Setelan untuk bahasa yang mau kamu gunakan
  6. Setelan umum untuk akun blogger
  7. Daftar post terbaru dari blog-blog yang kamu ikuti

2. Dashboard Blog Khusus

Untuk mengetahui Dashboard Blog Khusus caranya kamu masuk ke www.blogger.com lalu pilih pada salah satu blog yang kamu miliki. Disini saya akan mencoba memberikan gambaran mengenai tool-tool yang ada pada dashboard blog husus dengan menggunakan salah satu blog saya yaitu Yansyah Komunika
.
Pada Dashboard blog husus ini terdapat beberapa menu yang di antaranya adalah Entri baru, Ikhtisar, Pos, Laman, Komentar, Google+, Statistik, Kampanye, Tata letak, Template, dan Setelan yang mana pada masing-masing menu ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengetahui apa fungsi dari menu-menu tersebut silahkan simak penjelasannya di bawah.
  1. Entri baru ; ini merupakan tombol yang digunakan untuk memulai menulis artikel baru.
  2. Ikhtisar ; Pada menu ini terdapat ulasan-ulasan singkat mengenai blog kamu yang mana berisi informasi tentang jumlah komentar, jumlah penayangan, jumlah post dan jumlah pengikut blog.
  3. Post ; Berisi informasi mengenai data-data artikel yang telah kamu publikasikan dan yang disimpan sebagai draf. Di menu ini kamu dapat mengedit kembali artikel yang telah kamu publikasikan.
  4. Laman ; Menu ini sama dengan menu Post, hanya saja pada menu ini hanya menampilkan halaman statis saja. Contohnya adalah halaman Privacy Policy Yansyah Komunika
  5. Komentar ; menu ini berisi data dari semua komentar  yang masuk ke blog kamu.
  6. Google+ ; menu google+ berisi untuk setingan penautan blog dengan akun google+ kamu
  7. Statistik ; menu ini menyediakan data statistik blog kamu secara lengkap, mulai dari jumlah post yang paling banyak di kunjungi, sumber lalu lintas, kata kunci artikel, dan lokasi pengunjung.
  8. Kampanya ; menu ini merupakan salah satu fasilitas dari google adwords untuk pemasangan iklan.
  9. Tata letak ; menu ini adalah tempat untuk kamu menyesuaikan tampilan posisi blog dan untuk memasang widget.
  10. Template ; menu ini merupakan tempat dimana kamu mengubah tampilan blog kamu dengan script html.
  11. Setelan ; menu untuk mengatur blog, post dan komentar, bahasa dan format waktu, dan preferensi penelusuran. 
Bagaimana sudah paham belum bagian - bagian dasar dashboard blognya? semoga bisa di pahami aja yah. Karena setelah kita lama menggunakan blog pasti kita juga akan mengetahui fungsi masing - masing menu dengan sangat jelas. Karena dengan hanya membaca saja tidak akan cukup, kamu juga harus mempraktekannya. Untuk itu buat yang belum punya blog silahkan buat dulu dengan membaca panduan membuat blog gratis di blogspot namun sebelum membuat blog kamu harus membaca dulu tips untuk memulai menjadi seorang blogger.

Bagikan artikel ini

2 comments