Beberapa Hal Penting yang Harus dilakukan Setelah Membuat Blog - Mas Yans

Tuesday, October 6, 2015

Beberapa Hal Penting yang Harus dilakukan Setelah Membuat Blog

Ketika kita ingin menjadi seorang blogger yang profesional tentunya kita harus berusaha sebaik mungkin dalam mengembangkan Blog ataupun website yang kita buat. Jangan sampai kita membuat website secara asal-asalan yang menyebabkan Blog kita tidak terkelola dan ahirnya dilupakan oleh kita.
Beberapa Hal Penting yang Harus dilakukan Setelah Membuat Blog
Menjadi seorang blogger tidaklah sulit. Hal yang paling dasar dilakukan oleh seorang blogger tentunya adalah memiliki sebuah blog yang mana telah saya tulis dalam artikel tutorial membuat blog gratis di blogger. Setelah kamu membuat blog, ada beberapa hal yang sangat penting untuk kamu lakukan agar blog terlihat baik oleh search engine dan menjadi mudah terindeks oleh search engine tersebut seperti google, bing, yahoo, dan mesin pencari lainnya.
Nah apa saja sih yang harus kita lakukan ketika kita telah membuat sebuah blog baru? Ok simak saja penjelasannya dibawah :-)

1. Menulis Artikel

Hal pertama yang sangat penting untuk blog yang baru dibuat adalah membuat artikel. Kenapa artikel sangat penting?
Sangat penting karena artikel merupakan bagian utama dari sebuah website. Artikel inilah yang akan menjadi tonggak ukur penilaian search engine nanti. Sehingga ketika kamu mendaftarkan blog kamu ke search engine, blog kamu dianggap blog hidup karena telah berisi artikel. Oleh karena itu, setelah kamu membuat blog sangat disarankan untuk menulis artikel dulu baru kemudian mendaftarkan blog kamu ke search engine.

Artikel seperti apa yang harus ditulis?

Tentunya adalah artikel yang sesuai dengan niche blog kamu atau artikel yang sesuai dengan topik dan tujuan kamu membangun blog itu. Perlu diingat ketika kamu membuat artikel alangkah baiknya artikel itu hasil pemikiran dan tulisan kamu sendiri, bukan hasil copy-paste dari blog orang lain. kalaupun harus mengcopy-paste dari blog lain, kamu harus mengubahnya agar tidak sama persis dengan artikel aslinya. Dan jangan lupa untuk mencantumkan URL sumber artikel asli yang kamu copas tadi.

2. Mendaftarkan Blog ke Search Engine

Search engine merupakan mesin pencari yang digunakan untuk mencari sebuah topik. Ketika seseorang mencari sebuah topik dengan suatu kata kunci, maka search engine akan menampilkan website-website yang memiliki konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Agar blog kita bisa muncul dihalaman mesin pencari seperti google ataupun bing, kita harus mendaftarkan blog kita ke search engine tersebut agar semua konten yang ada di blog kita terindex oleh mesin pencari dan dimunculkan ketika ada penelusuran yang sesuai dengan konten kita. Lalu bagaimana cara untuk mendaftarkan blog kita ke mesin pencari tersebut? Jawabannya silahkan simak lagi tutorialnya.

Cara mendaftarkan blog ke Google

Agar blog kita terindex oleh google, maka kita harus mendaftarkannya ke google melalui tools grati dari google yaitu Google Webmaster tools.
  1. Buka halaman Google webmaster di https://www.google.com/webmasters/tools/home lalu login menggunakan akun Gmail kamu.
  2. Setelah berhasil login, silahkan klik Tambahkan properti lalu masukan URL blog kamu seperti pada gambar dibawah.
    Cara Daftar Google Webmaster tools
  3. Blog kamu sudah selesai di daftarkan. Selanjutnya adalah verifikasi kepemilikan blog. Caranya klik tombol Kelola Properti pada URL blog kamu, lalu pilih Tambahkan atau hapus pengguna.
    Cara Daftar Google Webmaster tools
  4. lalu klik Kelola properti
    Cara Daftar Google Webmaster tools
  5. Lalu klik Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda
    Cara Daftar Google Webmaster tools
  6. Lalu klik pada Tag HTML, maka akan muncul kode meta tag.
    Cara Daftar Google Webmaster tools
  7.  Copy kodenya lalu pastekan di template HTML blog kamu tepat dibawah kode <head> lalu simpan template. Jika template blog sudah berhasil disimpan, maka kembali lagi ke webmastertools lalu Klik Verifikasi seperti yang ada pada gambar diatas.
Untuk cara daftar ke bing akan saya bahas pada artikel lainnya :-)

3. Pasang Meta tag Seo

Selain artikel, hal yang penting lainnya adalah SEO (Search Engine Optimization), yang berfungsi untuk meningkatkan trafik blog melalui search engine. Dengan seo ini akan membantu Blog kamu untuk mudah terindex search engine. Meta tag seo ini biasanya berisi meta deskripsi dan meta keyword yang berfungsi untuk menggambarkan blog kepada search engine.
Untuk meta tag seo kamu bisa mencoba kode ini, yang  saya ambil dari blog partner saya yaitu NguentenPon.
Cara memasangnya adalah sebagai berikut.
  1. Masuk ke dashboard blog kamu. lalu pilih Template > HTML
  2. Backup dulu template kamu untuk jaga-jaga jika nanti error.
  3. Copy kode dibawah kemudian paste di HTML blog kamu tepat dibawah kode <head>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/><meta content='blogger' name='generator'/><title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title><link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;favicon.ico&quot;' rel='icon' type='image/x-icon'/><link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/><link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;feeds/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/><link expr:href='data:blog.homepageUrl + &quot;feeds/posts/default?alt=rss&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - RSS&quot;' rel='alternate' type='application/rss+xml'/><link expr:href='&quot;http://www.blogger.com/feeds/&quot; + data:blog.blogId + &quot;/posts/default&quot;' expr:title='data:blog.title + &quot; - Atom&quot;' rel='alternate' type='application/atom+xml'/></b:if><link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/><link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'><meta content='noindex' name='robots'/></b:if><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><meta content='Blog Kumpulan Artikel IPTEK' name='description'/><meta content='Artikel Windows Lengkap, Biografi Tokoh Dunia, Artikel Biologi Lengkap, Tutorial Corel Draw, Tutorial Blog, Kumpulan Widget Blog, Tips Alexa Rank, Kumpulan event' name='keywords'/><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title></b:if></b:if><b:if cond='data:blog.url == data:blog.homepageUrl'><meta content='Blog Kumpulan Artikel IPTEK' name='description'/><meta content='Artikel Windows Lengkap, Biografi Tokoh Dunia, Artikel Biologi Lengkap, Tutorial Corel Draw, Tutorial Blog, Kumpulan Widget Blog, Tips Alexa Rank, Kumpulan event' name='keywords'/><meta content='EzQ-M5AJOD0uA6yRUm2Ax531f8' name='alexaVerifyID'/><meta content='r_bIj162JRgyaGd8oCKBsYxSGl_bIcs2Hsy9WwtL9m8' name='google-site-verification'/><meta content='B53F4FBE03184422EB2F1C46660BEAA7' name='msvalidate.01'/><meta content='https://plus.google.com/u/0/116583823618005724883/auto' name='author'/></b:if>
Silahkan edit untuk yang berwarna merah sesuai kebutuhan anda. Bila sudah selesai jangan lupa untuk menyimpannya.

Keyword : Kata Kunci Blog
Description : deksripsi blog
AlexaVerify ID : Kode verifikasi alexa
Google-Site Verification : Kode verifikasi google webmaster
Msvalidate.01 : Kode verifikasi bing webmaster
Author : akun google plus penulis/admin blog

4. Pilih template SEO friendly dan Responsive

Poin selanjutnya yang harus kamu adalah menggunakan template yang seo friendly dan responsive. Tujuannya menggunakan template yang SEO friendly adalah supaya blog kamu memiliki nilai lebih yang menjadikan blog kamu disukai search engine. Sedangkan template responsive sangat berguna bagi pengunjung yang membuka blog kamu. Dimana template responsive dapat menyesuaikan ukuran tampilan sesuai layar yang digunakan. Baik itu PC, tablet, ataupun smartphone dengan berbagai jenis ukuran.
Untuk template seo friendly dan responsive saya merekomendasikan menggunakan template karya Arlina Design, Mas Sugeng, atau template yang sedang aya gunakan ini dari RT Media.

5. Promosikan blog ke sosial media

Mempromosikan blog ke sosial media sangatlah bermanfaat. Karena dengan promosi ini akan banyak pengguna sosial media mengetahui website yang kamu miliki. Kamu bisa menggunakan jasa sosial media seperti Facebook, twitter, linkedin, path dan lainnya. Kamu juga bisa mempromosikan blog kamu melalui fanspage facebook seperti milik saya ini yang saya berinama Yansyah Web.

Saya rasa itulah hal yang harus kamu lakukan setelah membuat blog. Artikel ini merupakan hasil dari apa yang saya lakukan ketika membuat blog Mas Yans ini. Dan ditambah beberapa referensi dari blog-blog teman saya.
Bagi kamu yang baru mau memulai membuat sebuah blog, alangkah baiknya untuk membaca artikel saya tentang Tips untuk menjadi seorang blogger.
Saya cukupkan sekian dulu untuk artikel kali ini. Jika menurut kamu bermanfaat silahkan like dan share artikel saya ini. Sampai jumpa

Bagikan artikel ini

9 comments

  1. klo ada yg cari template seo friendly ada d blog saya gan..
    tips-anas.blogspot

    ReplyDelete
  2. thanks gan atas tips dan telah berbagi artikel nya

    ReplyDelete
  3. mantab gan sangat bermanfaat artikel agan bagi blogger pemula, dan thanks sudah mengambil beberapa ilmu di NguentenPon hhe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan. thanks juga udah mampir. Semoga ilmu admin NguentenPon makin banyak biar saya bisa belajar dari sana :)

      Delete
  4. Lengkap gan, kebetulan saya belum pasang meta tag :)

    ReplyDelete
  5. mantap gan :) artikelnya niche banget

    ReplyDelete